Gigi Bungsu: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Di usia 20 tahunan, biasanya gigi geraham bungsu pertama kali muncul. Namun, kenapa munculnya gigi bungsu ini umumnya diikuti dengan rasa sakit? Ternyata masalah yang terjadi pada gigi geraham bungsu beresiko menyebabkan peradangan pada mulut. Apabila hal ini dibiarkan terjadi dapat berbahaya pada gigi dan tulang rahang sekitarnya.

Jadi, apa saja gejala yang terjadi saat gigi bungsu tumbuh dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Passion Dental Care telah merangkum semuanya mulai dari penyebab, gejala, dan cara mengobatinya.

Apa itu Gigi Bungsu?

gigi bungsu article | Passion Dental Care

Gigi bungsu adalah gigi yang terletak di paling belakang dari deretan gigi geraham. Seperti namanya, gigi ini merupakan gigi yang terakhir tumbuh, biasanya pada usia 20 tahunan.

Tapi karena tumbuh paling akhir, pertumbuhannya terkadang tidak memiliki cukup ruang. Bahkan di beberapa kasus, gigi geraham bungsu tidak bisa keluar dari dalam gusi. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya impaksi, yaitu gigi tidak tumbuh dengan sempurna.

Impaksi yang terjadi dapat menimbulkan rasa sakit pada gigi dan gusi. Untuk mengatasinya, harus segera dilakukan penanganan yang tepat yaitu dengan pencabutan gigi bungsu agar tidak menyebabkan masalah lebih lanjut.

Penyebab Gigi Bungsu Nyeri

Pertumbuhan gigi geraham bungsu ini sebetulnya adalah hal yang normal, namun seringkali disertai dengan adanya nyeri.

Rasa nyeri pada gigi ini disebabkan karena rahang terlalu sempit dan tidak cukup ruang untuk tumbuhnya gigi bungsu. Selain itu, ada beberapa hal yang menyebabkan impaksi atau rasa nyeri di gigi:

• Gigi tumbuh diposisi yang tidak normal, seperti miring ke arah gigi lain atau berbaring didalam tulang rahang.
  • Tidak adanya ruang yang cukup di rongga mulut ketika gigi bungsu akan tumbuh.
  • Terdapat hambatan atau halangan di area tumbuh gigi  bungsu dan keluar.

Gejala Gigi Bungsu Tumbuh

Apabila gigi geraham bungsu tumbuh, ada beberapa gejala yang muncul. Berikut ini beberapa gejala yang biasanya berkaitan dengan munculnya gigi bungsu:

• Terdapat sakit pada rahang
  • Kesulitan ketika membuka mulut terlalu lebar
  • Biasanya muncul pembengkakan gusi di belakang gigi geraham kedua
  • Rasa tidak nyaman atau sakit ketika makan

Masalah yang Muncul Karena Pertumbuhan Gigi Bungsu

1. Impaksi

Impaksi adalah kondisi di mana pertumbuhan gigi geraham bungsu berlangsung dengan tidak normal hingga mengganggu gigi lainnya dan menimbulkan rasa sakit.

Saat gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak mendapatkan tempat, gigi ini akan mulai tumbuh miring, tidak lagi lurus, dan mendorong gigi yang ada di sebelahnya, yaitu geraham belakang kedua.

2. Gigi atau Gusi Bernanah

Gigi bernanah atau yang lebih dikenal dengan abses gigi bisa terjadi karena berbagai hal. Mengonsumsi terlalu banyak gula atau cokelat, dan bahkan makanan manis lainnya kemudian tidak melakukan perawatan gigi yang baik.

Gigi bernanah bisa menimbulkan komplikasi lebih lanjut terhadap kondisi kesehatan. Nanah bisa menyebar ke bagian lain rahang, lalu ke leher, atau ke kepala, dan ke bagian lain tubuh. Jika sudah begini, seseorang rentan terserang penyakit-penyakit lainnya.

3. Geraham Bungsu Patah

Gigi geraham bungsu juga bisa patah seperti gigi-gigi lainnya. Hal ini bertolak belakang dengan pendapat yang mengatakan bahwa gigi geraham bungsu tidak patah karena berada di posisi yang paling belakang, sehingga tidak terdorong atau terhimpit gigi lainnya. Jadi, walaupun ada di bagian paling belakang mulut, gigi geraham bungsu tetap berpotensi untuk patah.

Prosedur Pengobatan Gigi Bungsu di Dokter Gigi

rontgen gigi bungsu | Passion Dental Care

Hal pertama yang akan dilakukan dokter adalah memeriksa keadaan gigi dan memberikan diagnosa. Dokter akan mengevaluasi kondisi gigi dan mulut, untuk menentukan apakah masih ada ruang untuk gigi ini tumbuh dan apakah terjadi impaksi atau tidak.

Dokter gigi akan menanyakan gejala yang dirasakan dan kondisi kesehatan pasien. Setelah itu, dokter akan memeriksa gigi dan mulut pasien untuk mengetahui kondisi gigi bungsunya.

Selanjutnya, dokter akan melakukan pemindaian dengan Rontgen Gigi. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan posisi dan kondisi gigi yang mengalami impaksi. Selanjutnya, dokter akan menentukan prosedur yang dilakukan untuk menghilangkan rasa nyeri yang terjadi.

Mengetahui penyebab, gejala, dan pengobatan gigi bungsu dapat membantu untuk mengambil langkah-langkah yang tepat. Namun, hanya dokter gigi yang dapat memberikan diagnosis yang akurat dan prosedur perawatan yang sesuai untuk mengatasi masalah gigi bungsu.

Jadi, kalau kamu mengalami masalah dengan gigi geraham bungsu atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, tim Passion Dental Care siap membantu. Jangan ragu untuk menghubungi kami dengan klik disini.