Impaksi, Penyebab Sakit Gigi Hilang Timbul

Sakit gigi memang cukup membuat tidak nyaman untuk penderitanya, dan ada beberapa kasus sakit gigi yang hilang timbul. Impaksi menjadi salah satu penyebab sakit gigi hilang timbul. Apa itu impaksi? Impaksi adalah kondisi gigi yang tumbuh ke arah yang salah. Normalnya, gigi akan tumbuh keatas, tapi pada gigi impaksi, gigi tumbuh miring menabrak gigi sebalahnya.

Gejala Impaksi Gigi

Umumnya, impaksi terjadi pada gigi bungsu, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada gigi lainnya. Impaksi gigi bisa terjadi total ataupun sebagian yang mana pada impaksi total, susunan gigi lama-lama akan terganggu karena terdorong oleh gigi yang tertanam. Sedangkan untuk yang sebagian, sisa-sisa makanan yang masuk akan menimbulkan gejala yang akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Kapan harus ke dokter

Jika Anda memiliki gigi yang tumbuh tidak semestinya dan disertai dengan rasa sakit atau gejala lainnya, segeralah ke dokter. Untuk mendiagnosis impaksi, dokter akan melakukan pemeriksaan pada gigi setelah itu akan dilakukan pemeriksaan penunjang meliputi:

Foto Rontgen panoramik gigi, pemeriksaan ini ditujukan untuk melihat kondisi gigi dan mendeteksi kerusakan gigi dan gusi

CT scan rahang, pemeriksaan ini bertujuan untuk melihat kondisi gigi, gusi, saraf secara lebih detail

Pengobatan Impaksi Gigi

Ada beberapa prosedur yang bisa dilakukan untuk mengobati impaksi, hal ini juga tergantung pada tingkat keparahan dan posisi giginya. Beberapa prosedur yang bisa dilakukan untuk pengobatan adalah:

Cabut gigi

Prosedur ini hanya berlaku untuk impaksi sebagian dan dilakukan jika pasien mengalami gejala seperti nyeri dan bau mulut.

Operasi ekstraksi gigi

Untuk impaksi gigi total, ini adalah prosedur yang akan dijalani oleh pasien. Untuk mengambil gigi, dokter akan membuat sayatan untuk mencabut gigi dan menjahit kembali sayatan setelah gigi dicabut.

Jika Anda mengalami kondisi sakit gigi hilang timbul, yuk segera konsultasi ke Passion Dental Care untuk mengetahui penyebabnya! Klinik kami sudah berpengalaman menangani berbagai penyakit gigi dan mulut sejak 2010, jadi tunggu apa lagi!